Pustakawan Undip Raih Sertifikasi Kompetensi

Azza Ifana Berita UNDIP 16/11/2022

Sebanyak 40 tenaga kependidikan fakultas dan sekolah yang ada di Universitas Diponegoro lolos sertifikasi kompetensi pustakawan. Sertifikasi kompetensi pustakawan tersebut digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bidang Pustakawan Undip.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Undip, Prof. Mochamad Arief Budiharjo mengungkapkan bahwa lolosnya tenaga pendidikan Undip itu sesuai dengan Surat Keputusan LSP Pustakawan Nomor 45 Tahun 2022 tentang Penetapan Hasil Asesmen Kompetensi di TUK UPT Perpustakaan dan Undip Press.

Sertifikasi kompetensi pustakawan merupakan proses pemberian sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui asesmen dengan mengacu pada SKKNI Bidang Perpustakaan terhadap pustakawan.

Dari 40 pustakawan yang lolos sertifikasi tersebut dibagi dalam empat klaster kompetensi, yakni pelaksanaan pengembangan koleksi perpustakaan sebanyak 6 orang, layanan dasar perpustakaan sebanyak 19 orang, pelaksanaan promosi layanan perpustakaan sebanyak 4 orang, dan pelaksanaan pengkatalogan sebanyak 11 orang yang terdiri dari 4 orang pelaksanaan pengkatalogan berbasis komputer dan 7 orang pelaksanaan pengkatalogan subjek.

Prof. Arief menyatakan bahwa sertifikasi pustakawan tersebut bertujuan untuk persiapan proses akreditasi perpustakaan. “Kita akan dorong akreditasi perpustakaan Undip dengan kemampuan SDM pada klaster tersebut diharapkan akan semakin memaksimalkan proses akreditasi perpustakaan nanti,” jelasnya, Jumat (11/11) sebagaimana dikutip dari republika.co.id

Menanggapi sertifikasi kompetensi pustakawan tersebut, Wakil Rektor Undip Bidang Komunikasi dan Bisnis, Prof. Budi Setiyono berharap agar kualitas pustakawan di Undip terus meningkat sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik. “Harapan kami, cara berpikir dan bertindak dalam melayani harus lebih baik karena akan mengakselerasi kinerja Undip,” pungkasnya. (azza)

Sumber foto: sejarah.undip.ac.id