IKA Undip Laksanakan Vaksinasi

Azza Iffana Berita Alumni 23/03/2021

DPP IKA Undip bersama DPD IKA Undip DKI Jakarta dan DPD IKA Undip Jawa Barat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Jakarta. Vaksinasi ini gratis dan diperuntukkan bagi para alumni Undip serta PTN lain yang terhimpun dalam organisasi HIMPUNI (Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia).

Pelaksanaan vaksinasi ini menjadi wujud nyata kepedulian IKA Undip dalam mendukung program pemerintah RI. “Vaksinasi ini mendukung program pemerintah sebagai upaya percepatan dan penyebarluasan jangkauan vaksinasi usia lansia. IKA Undip sebagai kelompok masyarakat ingin menunjukkan peran sertanya meskipun terbatas pada alumni,” kata Akhmad Muqowam, Wakil Ketua Umum DPP IKA Undip.

Dalam pelaksanaannya, Bidang Pengabdian Masyarakat IKA Undip dibantu oleh Bidang Hubungan Masyarakat IKA Undip untuk menyebarluaskan informasi. Dilaksanakan di dua tempat, vaksinasi berlangsung selama tiga hari.

Vaksinasi yang pertama dilaksanakan pada Rabu (17/3) di Lippo Mall Kemang Village, Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Pada pelaksanaan vaksinasi ini, DPP IKA Undip bekerja sama dengan DPD IKA Undip DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Adapun vaksinasi dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit Siloam TB Simatupang. Hal ini seperti disampaikan oleh Edi Pujiyanto, koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat IKA Undip, ketika diwawancara oleh kontributor IKA Undip, Minggu (21/3).

“Vaksinasi ini dilaksanakan di Lippo Mall Kemang Village, sementara tenaga medisnya dari RS Siloam TB Simatupang,” jelas Edi. Jumlah peserta yang terdaftar dalam vaksinasi pertama tersebut mencapai 80 orang.

"Kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dengan IKA Undip dalam vaksinasi ini bisa menjadi model kerjasama Pemerintah Daerah dengan Kelompok Alumni PT lainnya dengan pemerintah," kata dr. Widyaningsih, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, yang juga alumni FK Undip.

Vaksinasi berikutnya dilaksanakan pada Kamis dan Jumat (18-19/3) di Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Jalan Hang Jebat III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Vaksinasi kali ini diperuntukkan bagi para alumni yang tinggal di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Antusiasme para alumni tampak semakin meningkat, terbukti dari jumlah peserta yang terdaftar mencapai 101 orang.

Dalam vaksinasi yang kedua, DPP IKA Undip bekerja sama dengan DPD IKA Undip Jawa Barat serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pelayanan vaksinasi dibuka sejak pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Para peserta mengaku senang atas adanya pelayanan vaksinasi dari IKA Undip. “Komentar dari para alumni sangat senang, karena tidak ribet atau repot, apalagi dengan suasana yang nyaman dari pemilihan lokasi vaksinasi,” ujar Edi.