IKA FH Undip Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Azza Ifana Berita Alumni 01/12/2022

Beberapa anggota IKA FH Undip terjun langsung ke lokasi pengungsian para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, pada Kamis (24/11). Beragam bantuan diberikan oleh IKA FH Undip di beberapa desa di Kecamatan Cugenang, yakni Desa Sarampad, Desa Sukamulya, dan Desa Pasir Itis.

4 kendaraan roda empat dikerahkan untuk mengangkut barang-barang hasil donasi para donatur. Sebanyak 10 relawan terjun ke daerah pengungsian, terdiri dari 6 anggota IKA FH Undip dan 4 relawan lokal. “Kita kerja sama dengan relawan lokal, karena mereka paling mengetahui daerah pedalaman mana yang masih minim bantuan,” ungkap Asep Ridwan, jajaran Ketua DPP IKA FH Undip ketika diwawancarai oleh tim kontributor website IKA Undip, Senin (28/11).

Kebutuhan pokok yang diberikan oleh IKA FH Undip meliputi sembako, terpal, obat-obatan, kebutuhan bayi seperti pampers dan susu, selimut, dan kasur. “Berdasarkan kebutuhan korban, variasi, tidak hanya sembako,” ujar alumnus FH Undip angkatan 1996 tersebut.

Saat menuju ke lokasi pengungsian, iring-iringan mobil dari IKA FH Undip mendapatkan pengawalan khusus dari kepolisian. Oleh karena itu, kata Asep, tidak ada kendala yang berarti selama proses penyaluran donasi, sebagaimana dialami beberapa relawan lain yang beritanya kini tengah beredar di media sosial.

Saat ini, IKA FH Undip masih membuka donasi bagi korban gempa bumi di Cianjur. Menurut Asep, donasi tersebut masih akan terus dibuka karena para korban masih sangat memerlukan bantuan. Terlebih efek gempa bumi telah menghancurkan rumah-rumah korban, sehingga bukan tidak mungkin banyak korban yang akan lebih lama tinggal di tenda-tenda pengungsian.

“Kebutuhan mereka bukan hanya jangka pendek. Sekarang saja, karena mereka hidup di tenda-tenda, para pengungsi baik anak-anak maupun orang tua mulai rentan terkena penyakit. Jadi masih tetap butuh bantuan entah itu obat-obatan maupun pemeriksaan dokter,” jelas Asep. Ia menambahkan bahwa saat ini pembagian donasi di Kabupaten Cianjur masih belum merata di desa-desa terpencil.

Bagi yang ingin memberikan donasi, bisa melakukan transfer ke rekening BNI 1300369560 a.n. Pengabdian Masyarakat IKA FH Undip atau melalui Ruang Pekat di Tokopedia. (azza)