Gedung Baru PSDKU Undip Batang Siap Difungsikan

Azza Iffana Berita UNDIP 03/04/2021

Pembangunan gedung baru untuk perkuliahan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro wilayah Kapubaten Batang, kini telah rampung. Bangunan ini berlokasi di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar. Gedung ini didirikan sejak Agustus 2020 di atas lahan seluas 9,5 hektare, yang merupakan tanah hibah dari Pemkab Batang.

Gedung tiga lantai tersebut akan difungsikan tidak hanya sebagai ruang kelas dan ruang dosen, tetapi juga prasarana lain, seperti lab. komputer, lab. bahasa, dan perpustakaan. Pada April ini, 500-an mahasiswa sudah dapat memulai perkuliahan di gedung tersebut. Sebagai informasi tambahan, sebelumnya mahasiswa PSDKU Undip Batang melaksanakan kegiatan perkuliahan di Jalan Dr. Wahidin No.56, Kelurahan Kauman, Kecamatan Batang.

Retno Dwi Irianto, Ketua IKA Undip Kab. Batang sekaligus dosen mengungkapkan, bahwa tidak tertutup kemungkinan PSDKU Batang akan melaksanakan pembelajaran secara tatap muka pada mata kuliah tertentu, yang memang sulit dilakukan secara daring. Retno menegaskan perkuliahan tatap muka tentunya diatur dan disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Ada peraturannya sendiri, sudah ada rambu-rambu dari rektor, karena ada beberapa mata kuliah tertentu yang memang harus melakukan aktivitas langsung, tapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Saat ini, PSDKU Undip Batang memiliki dua program studi, yakni D3 Administrasi Pajak, dan D3 Hubungan Masyarakat. Rencananya di tahun ini, PSDKU Undip Batang akan membuka satu jurusan baru, yakni S1 Agribisnis.

Sumber foto : ayosemarang.com