Undip Terima 2.106 Calon Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN 2021

Patricia Ruth Berita UNDIP 24/03/2021

Pengumuman hasil seleksi SNMPTN 2021 telah keluar pada Senin, 22 Maret 2021. Sebanyak 26.408 orang mendaftarkan diri ke Universitas Diponegoro, dan 2.106 di antaranya berhasil masuk ke salah satu kampus idaman ini melalui jalur SNMPTN.

“Tahun ini, Undip menerima jumlah pendaftar 26.408 dan yang diterima sebanyak 2.106 atau perbandingannya 1 : 12,5. Data tersebut diperoleh dari data LTMPT mengenai animo SNMPTN 2021,” ucap Wakil Rektor Undip Bidang Akademik Kemahasiswaan, Prof.Budi Setiyono, seperti dikutip Undip.ac.id.

Banyaknya pendaftar menunjukkan Undip menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia. Tidak hanya fasilitasnya memadai, Undip juga memiliki tenaga pendidik berkualitas dan mumpuni. Tidak sampai di situ, Undip memiliki jaringan kerja sama nasional maupun internasional, serta menjadi sepuluh besar PTN penerima calon mahasiswa terbanyak.

“Pada saat ini, Undip terus melakukan langkah-langkah pengembangan strategis, yang bertujuan untuk mendorong dan mencapai visi Undip menjadi universitas riset yang unggul, serta menjadi universitas berkelas dunia yang bereputasi kuat di kancah internasional,” ujar Prof. Budi, seperti dirilis undip.ac.id, 23 Maret 2021.

Program studi (prodi) yang menjadi favorit para pendaftar tahun 2021 ini adalah Psikologi (Fakultas Psikologi)Kedokteran (FK)Ilmu Komunikasi (FISIP)Hukum (Fakultas Hukum)Kesehatan Masyarakat (FKM)Manajemen (FEB)Keperawatan (FK)Informatika (FSM)dan Administrasi Bisnis (FISIP).

“Psikologi menjadi pilihan favorit dengan jumlah pendaftar 1.750. Perubahan jurusan favorit dikarenakan masyarakat di masa ini menganggap psikologi pilihan yang sangat penting, dalam hal mendapatkan dan menciptakan pekerjaan. Jadi memang tahun ini pendaftar SNMPTN Undip banyak yang memilih psikologi. Selain itu, kedokteran masih tetap favorit di urutan kedua. Kebetulan di tahun-tahun sebelumnya animo kedokteran cukup tinggi, tetapi Undip hanya memiliki daya tampung yang relatif kecil, sehingga masyarakat pun memiliki alternatif pilihan di jurusan lain,” tutur Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA, Ketua LP2MP Undip, dalam wawancara dengan kontributor IKA Undip, Senin (22/3).

Undip selaku PTN BH akan menerima mahasiswa terbaik dengan presentasi SNMPTN sebanyak 20 persen, SBMPTN 30 persen, dan seleksi mandiri 50 persen.

Budi mengingatkan, bagi mahasiswa yang belum diterima melalui jalur SNMPTN dapat mengikuti jalur SBMPTN, IUP (International Undergraduate Program), dan jalur mandiri.

“Apabila saat ini calon-calon mahasiswa belum bisa diterima di jalur SNMPTN masih ada jalur-jalur penerimaan selanjutnya, seperti SBMPTN, IUP, dan jalur ujian mandiri, jadi calon mahasiswa harus tetap semangat, tetap mengikuti sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan selalu jaga kesehatan,” pesannya.

Untuk informasi registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SNMPTN Undip dapat diakses di https://pmb.undip.ac.id/registasi-ulang-calon-mahasiswa-baru-jalur-snmptn-2021/. (patricia)