Tas Rorokenes: Simbol Kemandirian dan Kecerdasan Perempuan Indonesia

Patricia Tambunan Berita Alumni 16/11/2020

Tas merupakan salah satu fashion item yang sudah ada sejak zaman dulu. Pada mulanya tas diperuntukkan bagi kaum adam. Seiring perkembangan zaman tas menjadi salah satu fashion item kaum hawa. Kini tas memiliki berbagai model dan fungsi.

Syahnaz Nadya Winarto juga menyukai tas untuk melengkapi penampilannya. Alumnus Fakultas Hukum Undip ini menyukai tas bermerek Bottega Veneta dari negeri pizza, Italia.

“Saya suka model Bottega simpel dan berkonsep anyaman. Saya suka anyaman, karena saat melihatnya bisa menemukan konsep Bhinneka Tunggal Ika. Satu helaian anyaman menggambarkan suku bangsa yang dianyam menjadi satu kesatuan, itulah anyaman tas Rorokenes, menjadi sebuah added value. Jadi seperti suku bangsa Indonesia yang tergabung menjadi bangsa yang besar,” katanya dalam wawancara via telpon.

Sayang, kesukaannya terhadap tas Bottega ditentang ayahnya. Ia ingat obrolan bersama ayahnya. Saat itu ayahnya mengatakan,”Beli itu gampang, bikin itu susah”. Perkataan itu membuat ia berpikir untuk memulai usaha tas.

Saya mulai research,” ujarnya. Ia berpikir bahwa anyaman merupakan hasil kebudayaan asli Indonesia. “Masa kita tidak bisa membuat, padahal kualitas dan skill orang Indonesia bagus-bagus,” tuturnya.

Akhirnya ia pun membuka bisnis tas anyaman. Ia menggunakan 90 persen produk lokal, yaitu kulit sebagai bahan dasarnya. Syahnas menamai produknya Rorokenes. Rorokenes berasal dari dua kata, roro yang berarti putri dan kenes yang artinya kuat, tangguh, dan mandiri.

“Rorokenes berasal dari bahasa Jawa. Rorokenes berarti seorang putri yang berbudi luhur dan memiliki pribadi tangguh, lincah, dan smart. Inilah yang saya temukan dalam wanita Indonesia seperti Srikandi, Anjani. Itulah Rorokenes,” jelas ibu dua anak ini.

Memasuki tahun ke-6, Rorokenes sudah menorehkan berbagai prestasi, baik di kancah nasional maupun internasional. Bulan ini, Rorokenes meraih nomine tiga besar Anugrah Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan Kemenparekraf. Selain itu Rorokenes baru saja menyelesaikan fashion show di Rusia dan New York secara daring.

Hadirnya Rorokenes bisa menjadi salah satu referensi hadiah bagi orang tercinta. Bagi masyarakat yang penasaran bisa melihat katalog Rorokenes di Instagram @rorokenesindonesia atau website www.rorokenes.com. Jika Anda sedang berada di Semarang bisa juga mengunjungi offline store Rorokenes. (Patricia)