PSDKU Undip Siap Terima Camaba dengan Standar Kampus Utama

Patricia Ruth Berita UNDIP 21/04/2021

Menjadi mahasiswa PTN, salah satunya Universitas Diponegoro merupakan impian banyak orang. Untuk memperluas akses masuk PTN, tahun ini Undip kembali membuka jalur mandiri (UM) untuk Program Studi Di Luar Kampus Utama Undip (PSDKU).

Kegiatan belajar mengajar PSDKU ini dilakukan di Kabupaten Batang, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Rembang. Di Kab. Batang, Undip membuka dua prodi, yakni D3 Administrasi Pajak dan D3 Hubungan Masyarakat; di Kab. Pekalongan terdapat prodi D3 Akuntansi serta D3 Perencanaan Wilayah dan Kota, sedangkan di Kab.  Rembang dibuka prodi S1 Administrasi Publik dan D3 Manajemen.  

Meskipun tidak berada di kawasan kampus utama, kampus PSDKU mendapat fasilitas yang sama dengan kampus utama. Program vokasi dan sarjananya pun telah terakreditasi.

Di masa pandemi ini, proses seleksi UM baik reguler maupun PSDKU yang semula berbentuk ujian tulis, diubah menjadi ujian mandiri portofolio dan ujian daring. Untuk mengikuti seleksi, calon mahasiswa baru (camaba) Undip harus melengkapi beberapa persyaratan, seperti telah dinyatakan lulus SMA/SMK/MA ataupun ujian kesetaraan, memenuhi persyaratan program studi yang diambil, dan melakukan pendaftaran pada usia maksimal 25 tahun.

Selain persyaratan di atas, camaba juga wajib melakukan pendaftaran dengan membuat user pendaftaran, memilih opsi jalur UM PSDKU, melakukan pembayaran pada bank yang dituju sejumlah Rp300.000, melakukan pengisian data portofolio, mengunggah surat pernyataan dan mencetak jadwal, serta mengikuti ujian sesuai waktu pelaksanaan.

Camaba Undip bisa melakukan pendaftaran online dan pembayaran, juga cetak kartu dari tanggal 1 Juni hingga 23 Juli 2021. Ujian akan dilaksanakan pada 25 Juli dan pengumuman pada 28 Juli 2021.

Camaba yang ingin mendaftar melalui jalur UM Undip tidak perlu merasa bimbang, karena Undip memberikan tiga pilihan biaya perkuliahan, yaitu jalur reguler, jalur kemitraan, dan jalur Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). (patricia)