Akhmad Muqowwam: Empat Hal Utama yang Harus Dijalankan DPD IKA Jateng

Azza Iffana Berita Alumni 04/10/2020

Ada empat hal utama yang harus dijalankan DPD IKA Undip Jawa Tengah, yakni mengenai jejaring alumni dengan pemanfaatan Single Sign On (SSO) untuk database, IKA Undip Muda, aplikasi UMKM, serta program Kampus Merdeka. 

Empat permasalahan pokok tersebut menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi DPD IKA Undip Jawa Tengah bersama dengan DPP IKA Undip, pada Jumat (2/10), di gedung sekretariat IKA Undip. Demikian diungkapkan oleh Akhmad Muqowwam, Wakil Ketum IKA Undip.

Keberadaan alumni Universitas Diponegoro, terutama alumni lama sulit dijangkau. Oleh karena itu pemanfaatan SSO Undip sangat diperlukan guna mendata dan menguatkan jejaring antaralumni. Hal ini sejalan dengan pembahasan pada acara talkshow ”Penguatan Jejaring Alumni Undip” yang akan dilakukan dalam tujuh seri. Pendataan alumni Undip ini tidak hanya bagi mereka yang tinggal di Jawa Tengah, namun juga alumni yang berdomisili di luar negeri.

Untuk merangkul alumni Undip angkatan baru, IKA Undip membuat kepengurusan baru yang khusus berisi anggota-anggota yang masih muda. Dengan generasi baru ini diharapkan dapat menjembatani aspirasi dan gagasan-gagasan modern yang lekat dengan kesan milenial.

Sementara itu, aplikasi UMKM sejalan dengan festival UMKM virtual pertama di Indonesia yang akan diselenggarakan pada Sabtu (24/10). Kegiatan festival UMKM ini berupa seminar UMKM, pameran UMKM, juga konser musik, pameran, dan kesenian yang dapat dilihat melalui aplikasi Zoom. Festival UMKM ini akan berlangsung pukul 08.00 – 20.00 waktu setempat.

Mengenai program Kampus Merdeka, merupakan bagian dari dukungan IKA Undip dalam menyelaraskan program pendidikan Undip dengan kebijakan pemerintahan. Program Kampus Merdeka salah satunya bisa dicapai dengan praktik kerja atau magang. Dalam program ini diharapkan alumni Undip yang telah bekerja di banyak instansi dapat menarik adik-adik mahasiswa untuk praktik kerja di lembaga tersebut. Mengingat salah satu pemeringkatan universitas adalah daya guna alumni, diharapkan dengan adanya jaringan kuat antaralumni dapat menjembatani calon lulusan Undip dengan dunia kerja.