Dekan FSM Undip: Alumni dan Kampus Harus Bersinergi

Azza Ifana Berita Alumni 15/11/2022

Penguatan jejaring alumni dengan kampus harus terus digalakkan. Hal itu disampaikan oleh Prof. Widowati, Dekan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro ketika memberikan sambutan dalam acara “Alumni Gathering FSM Undip”, Minggu (13/11). Acara tersebut diselenggarakan secara hybrid, berlokasi di Gedung Pertemuan Dekanat Lama Lantai 3 dan Zoom meetings.

Kegiatan “Alumni Gathering FSM Undip” merupakan salah satu acara yang ditujukan untuk penguatan konsolidasi kampus dan alumni FSM Undip sebagaimana visi Undip untuk menjadi universitas berskala dunia. Widowati menuturkan bahwa alumni memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan visi tersebut.

“Peningkatan capaian employe reputation menjadi salah satu komponen dalam pencapaian World Class University. Untuk itu perlu ditingkatkan peran alumninya sehingga dapat mendukung universitas untuk menuju ke 500 besar universitas berkelas dunia, termasuk di FSM,” jelasnya.

Terdapat dua Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dinilai dalam pemeringkatan kampus dan berkaitan langsung dengan peran alumni. IKU pertama adalah persentase lulusan yang berhasil mendapatkan pekerjaan, melanjutkan studi, dan berwirausaha. IKU kedua berkaitan dengan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ada kriteria tertentu bagi alumni yang memilih bekerja setelah berhasil menyelesaikan studi sarjana dalam penilaian kampus. Kriteria itu yakni, gaji yang didapatkan paling tidak 1,5 kali dari UMR. Adapun terkait program Merdeka Belajar, diharapkan alumni dapat membantu para mahasiswa untuk memberikan informasi akan program magang dari institusi pekerjaannya.

“Berkaitan dengan persentase lulusan S1 yang memperoleh paling sedikit 20 SKS di luar kampus atau prestasi nasional, para mahasiswa bisa magang di tempat institusi kakak-kakak yang sudah lulus,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Widowati mengingatkan agar alumni dapat mengisi tracer study melalui akun SSO.

Acara “Alumni Gathering FSM Undip” juga menyajikan kegiatan bincang alumni yang dibalut dalam sesi Talkshow Session: Build Connection Through Relations. Pada acara tersebut, hadir Asri Djufri yang merupakan alumnus Fisika Undip angkatan 2004. Co-founder Trinix Systems Indonesia tersebut mengajak para mahasiswa agar meningkatkan skill yang menunjang di dunia kerja nanti.

“Jangan hanya fokus mengemban ilmu pengetahuan di kampus, harus ditambah dengan skill. Harus diasah karena skill secara teknis sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (azza)