Perkuat Soliditas, Himpuni Adakan Syukuran dan Buka Puasa Bersama

Azza Iffana Berita Alumni 01/05/2021

Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni) mengadakan acara buka puasa bersama di Sekretariat IKA Undip, Jalan Lembang No.47, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/4). Acara buka bersama untuk bersilaturahmi antaranggota ini dirangkai dengan syukuran atas terpilihnya ketua organisasi alumni, seperti IA ITB, IKA Unpad, IKA Unsrat, dan IKA UTU.

Dalam pengantar acara tersebut, Koordinator Presidium III Himpuni, Akhmad Muqowam (Wakil Ketua Umum DPP IKA Undip) menyampaikan, bahwa meski ini Ramadan, tetapi Himpuni tetap beraktivitas dengan baik. “Atmosfer Ramadan yang penuh berkah ini dijadikan momentum Himpuni untuk meletakkan aktivitasnya tidak hanya dalam domain material, tetapi harus mampu meletakkan juga dalam domain spiritualitas. Hal ini penting, karena dapat mengkontekstualisasikan eksistensi dan memberi motivasi, termasuk eksistensialitas Himpuni,” jelasnya.

Lebih lanjut, Muqowam melaporkan kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan Himpuni, salah satunya pembahasan mengenai munas Himpuni, yang akan dilaksanakan Juni mendatang.

Terkait pergantian kepemimpinan di masing-masing organisasi alumni, Muqowam berharap agar alumni mampu bersinergi dalam wadah Himpuni, serta  meningkatkan peran berbagai  komponen alumni dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Pimpinan terpilih di empat organisasi alumni tersebut, yaitu Gembong Primadjaja (Ketua Umum IA Institut Teknologi Bandung), Irawati Hermawan (Ketua Umum IKA Universitas Padjadjaran), Rita Maya Dondokambey-Tamuntan (Ketua Umum IKA Universitas Sam Ratulangi), dan Arhamar Ridha (Ketua Umum IKA Universitas Teuku Umar). Ketum IKA Unsrat dan Ketum IKA UTU berkesempatan hadir secara virtual.

Gembong menyampaikan terima kasih kepada Himpuni yang telah mengnyinergikan potensi alumni PTN. “Terima kasih kepada Himpuni karena telah membuat sinergi potensi-potensi dari para alumni PTN. Ke depannya Himpuni lebih intens terhadap persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kebangsaan, yang dipastikan menunggu dedikasi Himpuni,” ujarnya.

Begitu juga dengan Irawati. Dalam sambutannya ia mengapresiasi Himpuni dan berharap Himpuni lebih bisa hadir dalam berbagai persoalan mahasiswa, alumni, masyarakat, bangsa, dan negara. Dia menegaskan bahwa IKA Unpad siap bekerja sama dalam ruang besar Himpuni.