Membanggakan! FEB Lahirkan Lulusan Double Degree Tertinggi Tahun Ini

Azza Ifana Berita UNDIP 07/11/2022

Unggul! Itulah kata yang pantas untuk menggambarkan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip yang berhasil mencetak mahasiswanya sebagai lulusan program double degree terbanyak sepanjang program tersebut dirintis sejak tahun 2013. Terdapat 37 mahasiswa FEB yang berhasil menyelesaikan international exposure dan diluluskan pada Wisuda Undip periode 168, Kamis (3/11).

Program double degree Undip merupakan program gelar ganda yang diperoleh dari Universitas Diponegoro dan dari mitra perguruan tinggi di luar negeri, dalam rangka kerja sama pengembangan program studi. Program double degree ini sekaligus menjadi wujud komitmen Undip yang melaju sebagai universitas berskala dunia (World Class University).

Program double degree Undip di antaranya dilakukan bersama Prodi Manajemen Saxion University Belanda, Prodi Manajemen Curtin University Australia, Prodi Manajemen Medicis Business School Perancis, Prodi Akuntansi Saxion University Belanda. Sedangkan untuk program Credit Transfer System (CTS) dilaksanakan bersama Oxford University dan University of Nottingham.

Dari 37 mahasiswa FEB yang lulus program ini, 18 di antaranya meraih gelar ganda tersebut melalui program double degree dan 19 mahasiswa lainnya melalui program Credit Transfer System (CTS). Perayaan wisuda tahun ini merupakan capaian tertinggi lulusan FEB dengan gelar ganda semenjak program IUP FEB Undip dirintis di tahun 2013 dan dimulai secara resmi tahun 2016.

Prof. Suharnomo, Dekan FEB Undip menuturkan bahwa beberapa mahasiswa program internasional tersebut kini sudah berkarier di lembaga internasional. “Beberapa di antaranya langsung bekerja di Belanda. Ini sungguh membanggakan bagi kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar lulusan FEB Undip dapat terus meningkatkan kualitas diri dengan berbagai kemampuan penunjang di dunia kerja serta lebih banyak lagi yang mampu berkarier sebagai warga global. “Kita berharap para alumni tidak hanya terserap di level nasional, tetapi juga mampu menjadi warga global,” pungkasnya. (azza)

Sumber foto: demaknews.id