Pelantikan Pengurus Baru IKA Teknik Mesin Undip

Azza Ifana Berita Alumni 16/11/2021

Pelantikan kepengurusan baru IKA Teknik Mesin Undip periode 2021-2024 telah dilaksanakan pada 6 November lalu. Acara pelantikan berlangsung secara virtual, dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D.; Ketua Departemen Teknik Mesin Undip, Sri Nugroho, S.T., M.T., Ph.D.; Pengurus IKA Teknik Mesin Undip periode 2015-2021 dan periode 2021-2024, serta alumni dan dosen program studi Teknik Mesin Undip.

Acara diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Taufan Aji yang dilanjutkan dengan laporan Ketua Pemilihan IKA Teknik Mesin yang disampaikan oleh Ahmad Widodo. Pelantikan pengurus IKA Teknik Mesin periode 2021-2024 dilakukan oleh Ketua DPP IKA Undip, Lukman Hidayat.

Formasi kepengurusan IKA Teknik Mesin Undip periode 2021-2024 yang dilantik bersama Donny yaitu Sekretaris Jenderal-Sugeng (alumnus angkatan 2003), Wakil Ketua I- Munadi (alumnus angkatan 1996), Wakil Ketua II – Tri R.D.P (alumnus angkatan 2002), Bendahara – Andi Wibowo (alumnus angkatan 1989). Terdapat empat divisi pada organisasi IKA Teknik Mesin Undip, yakni Divisi Organisasi dan Keanggotaan, Divisi Sosial, Divisi Komunikasi Publik dan IT, serta Divisi Pengembangan SDM.

Terpilihnya Donny sebagai Ketua Umum dilakukan dengan cara voting secara online oleh 1445 peserta. Pemilihan umum raya tersebut berlangsung pada tanggal 12 Juni 2021. Donny menyatakan siap membawa IKA Teknik Mesin menjadi wadah komunikasi dan informasi bagi para alumni serta civitas akademika Departemen Teknik Mesin Undip.

“Iya, jadi kepengurusan yang awal kita masih dalam bentuk konsolidasi. Tahapan berikutnya di saya, kita (pengurus periode 2021-2024, red.) mulai merangkak dan harapannya sudah mulai bisa berjalan. Untuk kepengurusan berikutnya saya harapkan bisa lari dengan apa yang sudah kita miliki sebagai peletak dasar,” terangnya ketika diwawancara oleh tim kontributor website IKAUndip, Senin (15/11).

Visi yang dibawa Donny sebagai tujuan memajukan IKA Teknik Mesin Undip adalah menjadikan IKA Teknik Mesin satu-satunya wadah komunikasi, aktivitas, serta kreativitas alumni Teknik Mesin Undip antaraangkatan, dan civitas akademika Departemen Teknik Mesin Undip dalam memenuhi kebutuhan industri, usaha, pasar kerja, dengan nilai-nilai integritas, kerja sama, kepedulian dan semangat solidarity forever.

Donny berharap di kepengurusannya, ia dapat menambah jumlah donatur sehingga akan meningkatkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa dari IKA Teknik Mesin. Selain itu, ia juga berharap IKA Teknik Mesin Undip dapat melaksanakan pelatihan dan workshop secara lebih komersial. “Kita bisa menyiapkan program selanjutnya yang lebih komersial seperti sertifikasi, ataupun pelatihan berbayar dengan sertifikat tertentu untuk membantu para alumni dan mahasiswa menambah ilmu dari para praktisi,” jelas alumnus Teknik Mesin 1994 ini.

Suyatno, Ketua Umum IKA Teknik Mesin masa bakti 2015-2021 berpesan kepada pengurus baru IKA Teknik Mesin agar lebih solid dan berkolaborasi untuk menjalankan program-program yang telah dirancang. “Mohon untuk program-program yang sudah berlangsung beberapa tahun sperti beasiswa mandiri tolong dilanjutkan. Harapan saya ke depan lebih solid, lebih baik, kontribusi kepada almamater dan alumni, menunjunjung tinggi kebersamaan dan almamater untuk kemajuan nama Undip,” pungkasnya.