Tiga Mahasiswi D3 Humas Undip Batang Lulus Tepat Waktu

Patricia Ruth Berita UNDIP 05/06/2021

Kabar gembira datang dari Universitas Diponegoro Program Studi Di Luar Kampus Utama Batang. Tiga orang mahasiswa Prodi Diploma 3 (D3) Hubungan Masyarakat berhasil menyelesaikan pendidikan selama enam semester. Artinya, tepat setelah tiga tahun berdiri PSDKU Undip wilayah Batang mampu menghasilkan lulusan tanpa jeda waktu.

Tepatnya Kamis (3/6/21), ketiga mahasiswi D3 Humas ini dinyatakan lulus setelah berhasil menjawab seluruh pertanyaan dosen penguji, pada sidang yang berlangsung secara daring melalui aplikasi MS Teams.

Yang menarik, ketiga lulusan perdana ini semua perempuan, yaitu Dina Hamida, Kholisatul Muna, dan Sriatun. Mereka lulus dengan nilai sempurna. Dina Hamida mengajukan tugas akhir (TA) berjudul Kebijakan Pimpinan Berkaitan dengan Konferensi Pers Program Pembangunan Strategis dan Unggulan Kabupaten Batang. Tugas akhir Kholisatul juga terkait kemajuan daerah Batang dengan judul Manajemen Protokoler Seremoni Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Batang, sedangkan Sriatun menulis tugas akhir Pemanfaatan Media Sosial sebagai Platform Komunikasi Publik Pemkab Pemalang”.

Selain berhasil menyelesaikan ujian TA dan seluruh mata kuliah Prodi D3 Humas, ketiganya telah menerima sertifikat kompetensi kehumasan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Uji kompetensi tersebut dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi-London School of Public Relation (LSP-LSPR) di Kampus Batang pada Desember 2020.  Adanya sertifikat yang ditandatangani Ketua LSP-LSPR, Deddy Irwandy, S.Sos., M.Si., membuktikan mereka telah menyandang profesional Humas Muda (Junior PR).

Dr. Adi Nugroho, M.Si., Ketua Prodi D3 Humas PSDKU Undip, membenarkan ketiganya merupakan lulusan pertama D3 Humas Kampus Batang, yang berdiri di tahun 2018/2019. Kampus Batang sudah berdiri di Bandar, didukung fasilitas yang memadai serta akses internet yang bisa dipakai secara gratis oleh mahasiswa.

Fasilitas yang dimiliki Kampus Batang antara lain perpustakaan, laboratorium, serta fasilitas penunjang lainnya. Para mahasiswa PSDKU Kampus Batang juga dapat mengakses seluruh fasilitas Undip, termasuk di Kampus Utama Tembalang dan Kampus Lama di Pleburan, Semarang.

Rektor Undip, Prof. Dr. H. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., memuji kepedulian dan komitmen Bupati Batang, Dr. H. Wihaji, S.Ag., M.Pd., dalam pembentukan PSDKU Batang. Yos mengakui kesungguhan Bupati Wihaji dalam mendorong kemajuan yang dikelola Undip.

“Dukungan dan komitmen yang sama juga kami rasakan untuk PSDKU Kampus Pekalongan dan PSDKU Kampus Rembang. Semua berjalan lancer,” kata Prof. Yos Johan, seperti dikutip Joss.co.id (4/6).

Pengelolaan pendidikan prodi di PSDKU mengikuti kampus utama. Untuk Prodi D3 mengacu  pada Sekolah Vokasi (SV) Undip, Program S1 Administrasi Publik berkoordinasi dengan FISIP, dan S1 Agribisnis di bawah asuhan langsung Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip.  

Selain berhasil meluluskan mahasiswanya, Kamis (3/6) Prodi D3 Humas mendapat SK Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) SK Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi, yang diterbitkan BAN PT, 20 April 2021. SK serupa yang telah ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif  BAN PT, Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D., juga telah dimiliki Prodi D3 Akuntansi Kampus Pekalongan, D3 Manajemen Kampus Rembang dan D3 Administrasi Pajak Kampus Batang.

Secara organisasi, pengelolaan PSDKU Undip berada di bawah lembaga LPPSDKU yang diketuai Dr. Redyanto Noor, M.Hum., dan Dr. Eng. Munadi, S.T., M.T., sebagai sekretaris. Kantor LPPSDKU berada di Tembalang, Kota Semarang, tepatnya Gedung Senat Akademik (SA) dan Majelis Wali Amanat (MWA). (patricia)