Gaet Nasabah Bank dengan Inovasi Pelayanan

Azza Iffana Berita Alumni 04/10/2020

IKAFE Universitas Diponegoro kembali menggelar acara forum “Lebih Dekat Alumni” secara daring, Sabtu (3/10). Acara yang diselenggarakan tiap hari Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB ini ditayangkan di stasiun TV Desa dan dapat ditonton melalui live streaming di kanal YouTube TV Desa. Dalam forum seri ke-12 ini tampil sebagai host Aden Budi, dan narasumber Aida Fifi Muladi serta Muhammad Amrisha Fithra.

Topik yang diangkat dalam forum kali ini adalah “CustomerEngagement: Innovation in Banking Services.” Amrisha yang bekerja sebagai Senior Relationship Manajer BTPN berbagi pengetahuan tentang pentingnya sebuah layanan yang dapat diakses secara digital. Di BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) terdapat dua produk layanan baru yang sudah menggunakan sistem online, yakni Jenius dan BTPN WOW. Perbedaan dari kedua produk tersebut lebih pada target pemasarannya.

“Layanan produk Jenius lebih kepada anak-anak milenial. Sementara BTPN WOW lebih kepada masyarakat mikro dengan penghasilan menengah ke bawah, walaupun pada kenyataannya juga digunakan oleh beberapa kelas menengah yang menjadi pedagang dengan menggunakan skema tertentu,” ujar Amrisha, alumnus manajemen angkatan 2005 ini.

Aida Fifi Muladi yang akrab disapa Fifi menceritakan pengalamannya di BNI (Bank Negara Indonesia). Saat ini Fifi yang alumnus manajemen angkatan 1991 ini bekerja sebagai Commercial Sales Advisory Group Head BNI. Digitalisasi transaksi telah mengubah cash management BNI, di mana hal ini membutuhkan peran dari sales,advisory, dan call center transaksional CM. “Sebenarnya sejak sepuluh tahun lalu, kita sudah menyiapkan diri untuk menuju digital, sebelum era digital ini menjadi sesuatu hal yang luar biasa seperti sekarang ini. Dulu jasa digital ini tidak mudah, sekarang karena pandemi malah banyak orang yang mencari,” katanya.

Acara ini diharapkan dapat memancing mahasiswa FEB Undip khususnya, untuk dapat memaksimalkan program Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh pemerintah.