Mempelajari Seputar Perlindungan Kepailitan Bersama IKA FH Undip

Patricia Ruth Berita Alumni 02/08/2021

Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro menggelar webinar bertema “Perlindungan Kreditor dalam Kepailitan di Sektor Hulu Minyak dan Gas Bumi”.

Webinar yang dilaksanakan secara langsung dan daring ini menghadirkan empat narasumber, yakni Fatar Yani Abdurrahman (Wakil Kepala SKK Migas), Dr. Tri Laksmi Indrasweri, S.H., M.H. (Wakil Dekan I FH Undip) serta dua advokat dan kurator kepailitan, Joseph Krisna Wirayudha, S.H., M.H., dan Sabar Maruli Simamora, S.H., M.H.

Tri mengatakan, pembahasan SKK Migas menjadi hal penting karena sumber daya alam migas dan batu bara menjadi komoditas terpenting dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

Ia berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta di bidang kepailitan. “Melalui webinar ini dapat memberikan pencerahan, pengetahuan di bidang kepailitan khususnya perlindungan kreditor di sektor hulu minyak dan gas bumi,” ujarnya.

Sabar Maruli membahas tentang perlindungan kreditor dalam kepailitan termasuk hak-hak negara. Ia mengungkapkan, perkara kepailitan di Indonesia mengalami peningkatan karena adanya situasi global pandemi. “Tahun lalu ada 115 perkara dan di tahun ini sampai bulan Juni sudah masuk 90 dan masih terus bertambah,” ujarnya.

Maruli menjelaskan bahwa kepailitan merupakan sita umum atas kekayaan debitor pailit yang pengurusan dan pemberesannya dilakukan kurator di bawah pengawasan Hakim Pengawas seperti yang diatur dalam UU.

Tujuan dari kepailitan, tambahnya, untuk menyelesaikan permasalahan utang piutang secara adil untuk menghindari adanya perebutan.

Selanjutnya Joseph menuturkan informasi terkait penyelesaian tagihan macet. Sebelumnya Joseph menegaskan tuturan Maruli tentang konsep hukum di Indonesia yang mengakomodasi secara keseluruhan.

Joseph menjelaskan tujuh hal penting terkait penyelamatan tagihan, yaitu rescheduling, reconditioning, restructuring, perjanjian penyelesaian utang kewajiban, penyertaan sementara kreditor, pengelolaan aset bersama penjualan aset, dan debt to asset swap diikuti debt to convertible bond swap.

Menjelang akhir acara Hari Setiyono menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas dan Undip yang telah menyelenggarakan webinar ini, mengingat seputar masalah kepailitan ini sering ditemukan.

“Di situasi pandemi, kondisi yang tidak terduga, anjloknya minyak kita, anjloknya minyak dunia, dan regregasi mata uang kita,” tutur Hari.

Di akhir webinar diisi dengan diskusi bersama para peserta.

Untuk para alumni yang ingin mengetahui secara lengkap terkait perlindungan kepailitan dapat menyaksikan tayang ulang melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=YK1AdEfiA7c. (Patricia)