Dies Natalis Ke-63 Undip: IKA Undip Beri Ratusan Paket Masker

Azza Iffana Berita UNDIP 03/10/2020

Ratusan paket bantuan berisi masker, cairan disinfektan, dan hand sanitizer diberikan oleh IKA Undip kepada tiga kelurahan di wilayah Tembalang, Semarang, dalam rangkaian bakti sosial Dies Natalis ke-63 Universitas Diponegoro.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolik pada Jumat (2/10), di halaman Widya Puraya Undip, dihadiri oleh Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, Lurah Tembalang, Lurah Kramas, Lurah Bulusan, serta Camat Tembalang, Kota Semarang.  Bantuan berupa 250 liter hand sanitizer, 150 liter cairan disinfektan, dan 1000 buah masker kain ini akan dipadukan menjadi 940 paket. Kelurahan Tembalang mendapat 320 paket bantuan, Kelurahan Bulusan mendapat 320 paket juga, dan 300 paket lainnya untuk Kelurahan Kramas.

Bakti sosial sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dalam rangka perayaan hari lahir Universitas Diponegoro. Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, bantuan disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendukung protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Ketiga bahan tersebut memang masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya warga di sekitar Undip, agar bisa tetap beraktivitas di kala pandemi.

Desmon Hastiono, Sekretaris Jenderal DPP IKA Undip mengatakan bahwa bantuan tersebut adalah wujud dari kepedulian IKA Undip, baik untuk menyukseskan program-program yang dijalankan oleh Undip maupun bagi masyarakat luas. “Prinsip kami memang kepedulian kepada Undip. Apa pun kegiatan dan program Undip, kalau membutuhkan alumni, alumni selalu siap. Banyak pengurus kita di pusat yang jadi “orang”, jadi otomatis cepat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu. Yang di luar daerah, yang di pelosok-pelosok juga kita pasti yang nomor satu. Alumni peduli tidak hanya untuk lingkungan Undip, tetapi untuk seluruh Republik Indonesia,” ujarnya.

Bantuan juga diberikan oleh perusahaan logistik JNE, terutama dalam pendistribusian bakti sosial Undip. Hal ini menunjukkan keseriusan JNE dalam keikutsertaannya membantu pemerintah untuk memerangi wabah virus corona di Indonesia.