Menyiapkan Alumni Fisip Undip Menjadi Smart ASN

Patricia Ruth Berita Alumni 30/07/2021

Ikatan Alumni Fisip Undip bekerja sama dengan Perhimpunan Alumni Pemerintahan Fisip Undip mengadakan diskusi santai pada Rabu (28/7). Nama acara yang cukup unik, “Kucingan Cah Pemerintahan – Alumni Muleh Kampus” ini mengusung tema “Mempersiapkan Alumni Fisip yang Berkualitas dan Berdaya Saing dalam Menghadapi Seleksi CASN Tahun 2021”.

Dzunuwanus Ghulam Manar (Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Undip) sebagai moderator, menampilkan narasumber Supranawa Yusuf (Wakil Kepala BKN RI), Dr. Drs. Teguh Yuwono, M. Pol. Admin (Wakil Dekan Fisip Undip  Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), dan Dr. Nur Hidayat Sardini (Ketua Departemen Politik Pemerintahan Fisip Undip).  

Akhmad Muqowam, Ketua PP IKA Fisip Undip mengungkapkan rasa senangnya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia menyadari sebagai senior yang sudah lebih dulu terjun di dunia kerja harus bisa memberikan peranan bagi juniornya.

“Mari sama-sama kita menarik junior kita agar dapat terus berkesinambungan, sehingga network dan jaringan kita tidak akan terputus,” pesannya.

Melalui kegiatan ini, Akhmad berharap dapat memotivasi juniornya untuk bisa mengamalkan ilmu pemerintahan yang telah dipelajari dalam perkuliahan melalui CASN (Calon Aparatur Sipil Negara).

Supranawa Yusuf menyampaikan seputar pelaksanaan tes ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tengah berlangsung saat ini. Yusuf mengatakan, berdasarkan RPJM 2020-2024 pemerintah sedang mempersiapkan Smart ASN.

“Saat ini kami tengah mempersiapkan dan mencari calon-calon ASN untuk menjadi Smart ASN. Tujuannya untuk mempersiapkan putra/putri terbaik bangsa untuk mempimpin negara ini,” ujarnya.

Ia juga berpesan bagi para peserta untuk dapat memahami dan mempelajari kualifikasi ASN yang dipilih sebaik mungkin.

Selanjutnya Teguh Yuwono mengatakan, Undip sebagai salah satu PTN Berbadan Hukum juga telah mempersiapkan mahasiswa untuk dapat mengikuti kebutuhan dunia kerja.

“Undip selaku PTN juga terus melakukan upgrade untuk bisa menghasilkan alumnus yang berkompeten di dunia kerja. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana alumni kita menjadi salah satu yang cepat meraih pekerjaan,” ungkapnya.  

Di bagian akhir, Nur Hidayat Sardini membahas tentang cara untuk  membantu mahasiswa mempersiapkan diri sebelum kelulusan. (patricia)