Mahasiswa Undip Raih Juara Ii Pilmapres Nasional

Azza Iffana Berita UNDIP 14/09/2020

          Amanda Margareth Inganta Sebayang, mahasiswi Teknik Perkapalan 2017 Undip berhasil mendapatkan peringkat 2 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat nasional. Sebelumnya, Amanda ditetapkan sebagai mahasiswa berprestasi (Mawapres) Undip 2020 pada 12 Mei lalu.

            Penganugerahan gelar mahasiswa berprestasi tingkat nasional ini dilakukan pada Sabtu (12/09) secara luring dan daring. Hadir dalam acara ini Kepala Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D, dan segenap dewan juri serta para finalis Pilmapres Nasional baik di tingkat sarjana maupun diploma. Penentuan Pilmapres Nasional ini dilakukan dalam empat tahap, tahap pertama adalah seleksi administrasi yang telah dilakukan pada 16 Mei – 19 Juni. Tahap kedua adalah seleksi tertulis yang telah terlaksana pada 2 – 3 Juli. Pada tahap ini, total peserta berjumlah 646 mahasiswa yang terdiri dari 444 mahasiswa tingkat sarjana dan 202 mahasiswa tingkat diploma. Tahap ketiga adalah tahap seleksi gagasan kreatif yang dilakukan pada 24 Juli – 5 Agustus lalu. Total mahasiswa yang mengikuti tahap ketiga berjumlah 238 mahasiswa yang terdiri dari 174 sarhana dan 64 diploma.  Di tahap keempat sekaligus babak final, dilaksanakan pada 10 – 12 September dengan total finalis sebanyak 21 mahasiswa tingkat sarjana dan 20 mahasiswa tingkat diploma.
            Ir. Nizam dalam sambutannya mengatakan bahwa seluruh finalis Pilmapres Nasional yang telah sampai pada tahap final ini merupakan mahasiswa terbaik dari yang terbaik. “Anda sekalian contoh terbaik dari mahasiswa kita. Tidak banyak mengeluh tapi terus berprestasi, tidak turun ke jalan untuk mengutuk kegelapan tetapi menyalakan lilin. Menyalakan semangat terus berkreasi dan berprestasi,” ungkapnya.

            Salah satu dosen Undip yang juga menjadi Person in Charge (PiC) serta pembina Pilmapres Undip 2020, Susatyo Nugroho Widya Pramono, S.T., M.M., mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraih oleh Amanda. “Bangga dan berbesar hati bahwa mahasiswa Undip bertalenta seperti Amanda Margareth mampu menunjukkan kemampuan diri yang kompetitif dan dapat meraih prestasi tingkat nasional. Hal ini menunjukkan budaya prestatif yang terus dikembangkan kepada para mahasiswa Undip menunjukkan hasil yang baik. Semoga dengan ini dapat menginsiprasi dan memotivasi seluruh mahasiswa Undip,” pungkasnya.