Beragam Kegiatan Meriahkan Puncak Dies Natalis ke-53 FISIP Undip

Azza Ifana Berita UNDIP 08/01/2022

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip menggelar acara Puncak Dies Natalis ke-53 secara hybrid (luring dan daring), di Gedung Hall FISIP Undip Tembalang lantai 3 pada Sabtu (8/1).

Acara yang digelar pukul 09.00 hingga 17.00 WIB itu terbagi dalam dua sesi dan dihadiri oleh Wakil Rektor III Undip, Dekan FISIP Undip bersama pejabat strukturalnya, Ketua Umum DPP IKA Undip, Ketua IKA FISIP Undip, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Undip, dosen dan alumni FISIP Undip, serta mahasiswa FISIP Undip.

Dekan FISIP Undip dalam sambutannya memaparkan prestasi-prestasi yang diraih FISIP Undip. Ia menegaskan akan terus mengupayakan FISIP Undip yang lebih unggul. "Kita akan teruskan usaha-usaha itu dengan sepenuh hati, bicara di kancah dunia. FISIP sudah ada beberapa perubahan. Kami terus upayakan sinergi dan kolaborasi untuk program kampus merdeka baik dengan PT luar negeri, dalam negeri, termasuk IKA FISIP dengan berbagai kegiatannya," ujarnya.

Atas berbagai prestasi itu, Prof. Yos Johan Utama berharap FISIP Undip terus meningkatkan pencapaian-pencapaian tersebut. "Semoga FISIP menjadi fakultas dengan reputasi yang semakin baik," harap Rektor Undip ini.

Wakil Rektor III, Prof. Budi Setiyono juga merasa terkesan dengan perubahan di FISIP Undip. "Apa yang diupayakan oleh FISIP kita menyaksikan berbagai macam perubahan, secara fisik sudah berubah, sekarang lobby saiki koyo mlebu (sekarang seperti masuk, red) hotel, dibuat milenial. Selain di depan gedung, juga sedang mengupayakan perubahan desain di dalam kantor, sehingga tamu akan rileks dan yang penting output-nya tercapai," ungkapnya.

Sementara itu, Mangara Pardede mewakili DPP IKA Undip mengingatkan agar FISIP Undip dan alumni terus sinergikan jejaring. "Pemanfaatan alumni sebagai jejaring sangat penting. Keberhasilan universitas diukur juga berdasarkan memanfaatkan jejaring alumni seluas-luasnya. Mari kita menguatkan supaya lulusan FISIP mempunyai warna tersendiri," tuturnya.

Lomba dan Penghargaan

Acara Dies Natalis ke-53 FISIP Undip ini diawali ajang lomba tumpeng dan Gelar Busana Nasional. Lomba tumpeng diikuti oleh dosen dan tenaga pendidik FISIP Undip yang terbagi dalam lima tim.

Sedangkan acara Gelar Busana Nasional diikuti oleh mahasiswa dan dosen FISIP Undip dari masing-masing jurusan. Dalam lomba tersebut para kandidat memamerkan busana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara dies natalis semakin meriah dengan banyaknya penghargaan dari berbagai kategori, seperti DEAN Award yang merupakan penghargaan untuk dosen dan tenaga pendidik FISIP Undip yang bekerja unggul. Ada pula penghargaan untuk lomba poster, desain, video profil, hingga twibbon yang diikuti oleh berbagai kalangan.

Dalam kegiatan ini terdapat pula penyerahan  perangkat Macbook Air sebagai fasilitas kerja bagi dosen dan tendik FISIP Undip. Pada kesempatan yang sama, Masrokhan, Ketua Umum PP IKA FISIP meluncurkan website resmi IKA FISIP (ikafisipundip.id) dan Beasiswa Alumni.

"Saya berkomitmen akan menambah 20 penerima beasiswa alumni, jadi nanti akan ada total 40 penerima beasiswa," pungkasnya.  (azza)