Semarakkan HUT ke-30 PWK Undip, IKA Planologi Gelar Aksi Bersih Sungai

Azza Ifana Berita Alumni 30/11/2022

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun program studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Undip, alumni departemen Teknik PWK Undip yang tergabung dalam wadah IKA Planologi Undip gelar serangkaian aksi peduli lingkungan. Aksi ini berupa bersih-bersih sungai dan pantai di 10 lokasi yang tersebar di Tanah Air.

“Kegiatan ini untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-30 PWK Undip yang pelaksanaannya sudah kami mulai sejak Agustus lalu,” ujar Saleh, Ketua IKA Planologi Undip pada Minggu (27/11).

Kegiatan terakhir dari aksi peduli lingkungan tersebut berlangsung pada Minggu (27/11), di area sungai dan waduk Undip. Dalam melaksanakan aksi ini IKA Planologi Undip menggandeng Departemen Teknik PWK Undip, Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP), dan Yayasan Bintari Semarang. Aksi tersebut berhasil mengumpulkan 15,9 ton sampah.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan sekaligus ingin memberikan contoh nyata kepada masyarakat, khususnya mahasiswa Planologi Undip dan alumni,” imbuh Saleh.

Aksi peduli lingkungan ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Penghargaan pun diberikan oleh Leprid secara simbolis kepada beberapa pihak, seperti Ketua IKA Planologi Undip Saleh selaku pemrakarsa, Ketua Departemen Teknik PWK Undip Prof. Wiwandari Handayani selaku inspirator, Ketua Panitia HUT ke-30 PWK Undip Mamo Arief Sudarmono, dan Yayasan Bintari Semarang selaku pendukung.

Paulus Pangka, pendiri Leprid menyatakan bahwa aksi peduli lingkungan yang diprakarsai oleh IKA Planologi Undip diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat lebih luas untuk dapat melestarikan lingkungan.

“Ini suatu prestasi yang inspiratif yang dilakukan oleh IKA Planologi Undip. Leprid memberikan apresiasi karena mereka bisa memberi contoh nyata dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” pungkasnya.

Bersamaan dengan acara penyerahan penghargaan tersebut, IKA Planologi Undip menggelar kegiatan bertajuk Dipocition 2022 Paradise (Planologi, Art, and Street Food in Semarang). Acara ini menyajikan aspek budaya perkotaan dalam tata ruang Kota Semarang melalui pertunjukan musik, pameran seni, kuliner, dan sebagainya. Kegiatan itu dilangsungkan di Gedung Juang Semarang. (azza)

sumber foto: sindonews.com / suaramerdeka.com