Alumnus Undip ini Raih Penghargaan IGDS 2021 dari Kementerian Perindustrian RI

Azza Ifana Berita Alumni 18/11/2021

Beragam penghargaan telah diraih Syanaz Nadya Wienanto melalui produk tas yang diberi nama Rorokenes artisan bag. Penghargaan terbaru datang dari Indonesian Good Design Selection 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Ini merupakan penghargaan tertinggi di Indonesia untuk kategori desain produk industri terbaik.

Penyerahan penghargaan IGDS 2021 berlangsung Selasa (16/11), di Jakarta. Pada kesempatan itu Reni Yanita, Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI menyatakan bahwa penghargaan itu bertujuan mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri.

“IGDS bertujuan untuk mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri serta mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain kebaruan dan inovasi serta berkarakter Indonesia,” jelas Reni.

Dalam upaya menemukan desainer terbaik, IGDS melewati rangkaian perjalanan yang panjang. Sejak launching pada 4 Maret 2021, terdapat 194 pendaftar kategori desain produk jadi dan 167 pendaftar untuk desain konsep produk. Para peserta IGDS 2021 melalui empat tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, penjurian tahap 1, penjurian tahap 2, dan penjurian tahap 3.

Tim juri berasal dari perwakilan Asosiasi Desainer Indonesia dan Federasi Pengemasan Indonesia, akademisi, pemerhati tren pasar, media, serta perwakilan dari Kemenperin RI. Pada penjurian tahap 3 terdapat juri kehormatan, yaitu Wakil Presiden Taiwan Desain Riset Institut.

Berkat kreativitas dan inovasinya, alumnus Fakultas Hukum (FH) Undip angkatan 1995 ini berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus. Produk tasnya yang diberi nama Tote Lumbini Tetris berhasil mendapatkan dua penghargaan dari IGDS 2021, pada kategori Best 20 dan People’s Choice Award, yang dinilai berdasarkan jumlah like terbanyak di Instagram.

Penghargaan tersebut bisa dikatakan sebagai pencapaian luar biasa mengingat Rorokenes miliknya baru berusia 7 tahun. Syanaz berhak untuk mendapatkan sertifikat dan hak penggunaan logo IGDS untuk promosi produk, serta trofi dan hadiah uang tunai sebesar 25 juta rupiah.

Acara penyerahan penghargaan IGDS 2021 ditutup dengan sambutan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI. Ia menuturkan bahwa peran desain sangat penting bahkan bisa menentukan masa depan. “Posisi desain tidak hanya penting dalam pengembangan produk, tetapi juga mempengaruhi perkembangan manusia sehari-hari. Seorang desainer bertanggung jawab untuk mencari keseimbangan antara apa yang dicari konsumen dan nilai yang diyakini desainer untuk bisa disuguhkan di masa depan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di tahun 2020 Rorokenes meraih nominasi tiga besar Anugerah Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. Selain itu Rorokenes juga telah merambah kancah internasional, lewat gelaran fashion show di Rusia dan New York. (azza)