Undip Perguruan Tinggi Terbaik ke-6 di Indonesia Versi THE

Patricia Ruth Berita UNDIP 11/06/2021

Universitas Diponegoro (Undip) meraih posisi ke-6 terbaik di Indonesia dan 401+ di Asia pada pemeringkatan yang dilakukan Times Higher Education di awal Juni 2021. Ada 13 indikator kinerja yang diterapkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2021. Ke-13 indikator tersebut juga digunakan dalam pemeringkatan global yang dikalibrasi secara khusus untuk merefleksikan prioritas lembaga pendidikan di Asia.

Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si., mengungkapkan, ketatnya pemeringkatan yang dilakukan THE membuat hanya 9 PTN Indonesia yang berhasil meraih peringkat. “Hanya ada sembilan PTN dan syukurnya Undip menjadi satu dari kesembilan PTN tersebut,” ujar Kepala Kantor Pemeringkatan Undip ini.

Dalam pemeringkatan versi THE ini Universitas Indonesia berada di posisi pertama diikuti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Telkom, dan Universitas Brawijaya.

Prof. Denny menambahkan, Undip juga berhasil meraih posisi 401+ di Asia, dengan nilai keseluruhan 12,9 sampai 21,6. “Kita berhasil masuk 400 besar dengan rata-rata 12,9 sampai 21,6 dengan rincian nilai overall calculation 19,8. Sitasi 15; industry income (alih pengetahuan ke dunia industri) 43,2; international outlook (dihitung berdasar rasio jumlah pengajar, mahasiswa, staf asing serta kerja sama internasional) 26,5; penelitian 12,8 dan pengajaran 24,9,” paparnya.  

Prof. Denny menjelaskan bahwa ada kekeliruan dalam memahami hasil peringkat. Karena hasil THE dilihat pada urutan alfabet, sehingga Undip berada di posisi ketujuh. “Kami sudah melakukan perhitungan dan mengurutkan berdasarkan nilai skor totalnya, dan Undip berada di posisi 6. Banyak media yang mengalami kekeliruan, karena hanya melihat pada urutan di website pemeringkatan,” jelasnya.

Selain berhasil meraih peringkat di THE, Undip juga berhasil masuk 9 besar dari 16 universitas di Indonesia yang masuk QS WUR 2022. QS memiliki enam aspek dalam penilaian yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty Student Ratio, International Faculty, serta International Students. 

Saat ini, hasil pemeringkatan menjadi acuan bagi calon mahasiswa dan keluarga untuk memilih universitas.

Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum menegaskan Undip terus menyempurnakan kualifikasi lulusan dan proses pembelajaran agar sesuai dengan cita-cita. “Kami terus mendorong kualifikasi para dosen dengan program one professor one candidate. Untuk riset, bukan hanya dosen dan peneliti yang terus menghasilkan karya ilmiah bereputasi, mahasiswa juga kita dorong dan fasilitasi supaya bisa menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” kata Rektor Undip ini, seperti dikutip Undip.ac.id.  (patricia)