Abdullah Umbu Abidin: Pemikiran Kreatif dan Jeli Melihat Peluang Itu Penting

Patricia Tambunan Berita Alumni 28/12/2021

Berlokasi di Balaikota Yogyakarta (26/12), Musyawarah Daerah Ikatan Alumni Undip, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Daerah Istimewa Yogyakarta digelar. Kegiatan yang dibentuk pengurus 2016-2021, dibuka Aman Yuriadijaya, Alumni Peternakan Undip Angkatan 84, selaku Sekda Kota Yogyakarta sekaligus tuan rumah dan Ahmad Muqowam selaku Ketua Umum DPP IKA UNDIP. 

Dihadiri 45 orang perwakilan IKA UNDIP Kabupaten Bantul, Sleman, Kelonprogo, Gunugn Kidul, dan Kota Yogyakarta. Pemilihan tersebut secara bulat memilih, Abdullah Umbu Abidin untuk memimpin DPD IKA Undip Periode 2021-2026, didampingi Johan Danu Prasetya sebagai Wakil Ketua, Hendy Purwo Prabowo sebagai Sekretaris dan Putri Khusnul Khotimah sebagai Bendahara.

Abdullah mengungkapkan, pasukan barunya relatif muda dan memiliki latar belakang profesi yang variatif. Ia pun akan mengambil langkah cepat, agar roda organisasi segera bisa berlari.

“Kami sadar benar, pendanaan menjadi krusial bagi DPD IKA Undip DIY, terutama setelah sumber pendanaan macet selama pandemi Covid-19 berlangsung. Tidak bisa dipungkiri, ini yang terjadi. Tidak ada dana operasional. Tetapi kami yakin bisa mengatasi masalah ini, gas pol rem blong, pasti bisa,” ujarnya berapi-api seperti dikutip binangunnews.co.id

Ia meyakini, jika semua komponen DPD IKA Undip DIY bersatu padu, maka banyak jalan untuk mengumpulkan dana. Ia menyadari pemikiran kreatif, jeli melihat peluang  menjadi hal penting untuk roda organisasi, salah satunya dengan membangun channel  youtube. Membuat konten-konten menarik seperti pentas musik, seperti yang dilakukan oleh selebgram tersohor Tri Suaka, Nabila Maharani dan Zindin Zidan, bisa menjadi alternatif.

“Kami yakin kok, dengan sentuhan kreativitas dan kecerdasan, pendanaan bisa diatasi. Karena kami punya potensi pemusik yang bisa dijual dengan membangun konten-konten musik,” katanya.

Selain itu, DIY sebagai daerah yang menarik minat wisatawan dapat terus dikembangkan, dengan menciptakan berbagai event, seperti turnamen golf yang potensial mendatangkan dana besar secara halal,” katanya.

Sementara Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKA Undip, Ahmad Muqowam, memesankan tiga hal penting kepada pengurus baru DPD IKA Undip DIY.

Satu, alumni Undip memiliki tugas untuk turut menjaga kecerdasan bangsa melalui berbagai profesi yang melekat pada dirinya. “Karena setiap alumni adalah orang-orang pilihan, dan berada pada tataran sosial yang lebih tinggi dibanding warga kebanyakan. Seorang alumni yang menyandang gelar sarjana strata satu, tentu lebih tinggi ketimbang jutaan orang yang tidak bisa mengenyam bangku kuliah,” katanya.

Sedang alumni yang menyandang gelar strata dua, atau strata tiga doktoral, tentu jumlahnya jauh lebih sedikit dan posisinya jauh lebih tinggi lagi dibanding warga kebanyakan.

Ia berharap keberadaan IKA Undip DIY mampu mengoordinasikannya, merangkainya, dan menggarapnya, agar tercipta jaringan yang benar-benar memiliki nilai lebih untuk mengabdi kepada bangsa ini.