Pertama di Undip, Diponegoro Fun Run Digelar Secara Virtual

Azza Iffana Berita Alumni 05/10/2020

Diponegoro Fun Run telah resmi dibuka pada Sabtu (3/10) secara virtual melalui aplikasi Zoom. Acara yang diselenggarakan oleh IKA FH Undip ini dimulai sejak pukul 06.00 WIB.

Meski secara virtual, pembukaan acara yang digelar di daerah Sentul, Bogor ini dihadiri oleh 20 orang yang sebelumnya telah melakukan rapid test. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Diponegoro. Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Maryono, Ketua DPP IKA Undip yang juga Wakil Ketua Panitia Diponegoro Fun Run dan Dekan Fakultas Hukum Undip.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Bendahara Umum IKA FH, yang dilanjutkan peresmian Diponegoro Fun Run secara simbolis dengan lari sepanjang 100 m. Acara ini kian meriah berkat penampilan grup band D’Masiv. Tak ketinggalan acara pembagian doorprize berupa sembilan buah sepeda. Ada pula merchandise menarik yang dibagikan kepada 40 peserta yang beruntung.

Diponegoro Fun Run dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 18 Oktober 2020. Karena acara bersifat virtual, setiap peserta diberi kebebasan untuk melakukan sesi lari kapan pun, asalkan masih terhitung dalam tenggat waktu. Sesi lari dibagi dalam dua kategori, yakni 2,5 km dan 5 km. Setiap peserta menggunakan aplikasi yang dapat merekam waktu dan jarak lari. Dari aplikasi tersebut dapat diakumulasikan jarak dan waktu yang telah ditempuh. Uniknya, para peserta Diponegoro Fun Run ini bisa berolah raga lari di sekitar rumah masing-masing, tentu dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti jaga jarak.

Acara yang mengusung konsep lari gembira secara virtual di kala pandemi ini mendapat respon positif dari para peserta yang totalnya lebih dari 3000 orang. “Di dalam beberapa komentar grup yang terlibat ini mereka senang ya, karena selama ini mereka merasa seperti di lockdown di rumah. Sekarang ada event mereka bisa bergerak walaupun di sekitar rumah atau komplek, jadi mereka seperti bebas,” tutur Kresno Buntoro, Ketua penyelenggara.

Lebih 3000 Peserta

Acara Diponegoro Fun Run ini awalnya tidak berkonsep virtual. Menurut Kresno acara ini semula akan diselenggarakan tanggal 21 Maret 2020. “Dulu kita tidak dalam konsep virtual, kita juga tidak mengenal virtual. Kita rencananya memang lari gembira saja. Dan itu dilaksanakan di Semarang, kita rencanakan tanggal 21 Maret 2020. Karena pemerintah mengumumkan pandemi, akhirnya kami tunda,” jelas Kresno.

Belajar dari negara lain yang sukses mengadakan acara serupa, panitia kemudian berkoordinasi dan memutuskan untuk menggelar acara Diponegoro Fun Run secara virtual. Meskipun bukan yang pertama di Indonesia, namun dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 3000 orang, bisa dikatakan acara ini merupakan yang terbesar.

Rencananya Diponegoro Fun Run akan diselenggarakan tiap tahun. Tidak hanya berupa acara lari, namun sangat mungkin menjadi ajang perlombaan lari. “Acara ini kita laksanakan secara fun tidak ada paksaan, yang penting gembira. Karena zaman sekarang ini kan gembira itu yang utama. Terkait dengan kegiatan ini ke depannya bisa berlangsung tiap tahun,” ujar Kresno.