Perkuat Konsolidasi Kampus dengan Alumni

Azza Ifana Berita Alumni 09/11/2022

Program Merdeka Belajar yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus dieksekusi dengan baik. Hal inilah yang coba dilakukan oleh Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip dengan menggandeng alumni Ilmu Komunikasi Undip. Untuk itu mereka menggelar acara “Temu Dosen dan Alumni Ilmu Komunikasi Undip se-Jabodetabek”, pada Senin (5/11) di Gedung Hall Dewan Pers Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip dalam rangka program kerja sama industri untuk pelaksanaan magang Kampus Merdeka,” ujar Yogi Arif Nugraha, Sekretaris Perhimpunan Alumni Ilmu Komunikasi Undip ketika dihubungi oleh tim kontributor website IKA Undip, Minggu (6/11) melalui telepon.

Menurut alumnus Ilmu Komunikasi Undip angkatan 1993 ini, pertemuan antara pihak kampus dengan alumni tersebut adalah yang kali kedua. Sebelumnya di tahun 2019, pertemuan serupa pernah diselenggarakan. Di tahun ini, inisiasi kolaborasi antara Departemen Ilmu Komunikasi Undip dengan alumni adalah untuk memaksimalkan potensi magang Kampus Merdeka di tahun 2023.

Selain diisi acara reuni, pada kegiatan temu dosen dan alumni Ilmu Komunikasi Undip se-Jabodetabek juga digelar talkshow. Kegiatan talkshow tersebut diisi oleh alumni Undip yang tersebar dari berbagai profesi, mulai dari industri public relations (PR), media pers, perusahaan swasta, hingga perusahaan milik pemerintah.

Lebih dari 90 orang hadir dalam kegiatan tersebut. Tak menutup kemungkinan, melalui acara ini jejaring koneksi tidak hanya terhubung antara kampus dengan alumni, tetapi juga alumni dengan sesama alumni.

“Selain bicara soal update informasi kampus dengan alumni, networking juga bisa dirasakan oleh alumni dengan alumni yang lain, khususnya mahasiswa yang baru lulus,” tuturnya. Bahkan ke depannya, relasi yang dimaksudkan tidak hanya program magang tetapi juga bidang dunia kerja.

Yogi berharap kegiatan tersebut dapat berkelanjutan untuk penguatan jejaring kampus dan alumni. “Harapannya konsolidasi ini dapat membuka forum antaralumni agar semakin bersatu dan meningkat, dimulai dari jurusan, kemudian fakultas, hingga taraf universitas,” pungkasnya. (azza)