Musda DPD IKA Undip Jatim Lahirkan Ketum Baru

Azza Ifana Berita Alumni 01/11/2022

Hadi Pangestu telah resmi dilantik sebagai Ketua Umum DPD IKA Undip Jatim untuk periode 2022-2027, bersama dengan 32 pengurus lainnya. Acara Musyawarah Daerah sekaligus pelantikan tersebut diselenggarakan di Hotel Mercure Mirama Surabaya, Sabtu (22/10). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP IKA Undip, Akhmad Muqowam. Selain alumni Undip, pelantikan pengurus DPD IKA Undip Jatim ini juga dihadiri perwakilan IKA Unair dan IKA UB, yang merupakan bagian dari Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni).

“Sebelumnya sudah ada dua calon ketua, tetapi salah satunya mengundurkan diri, akhirnya terbentuk calon tunggal,” ujar Mohammad Kosim, Wakil Ketua I DPD IKA Undip Jatim terpilih ketika menceritakan proses pemilihan Ketum DPD IKA Undip Jatim, dalam wawancaranya dengan Tim Kontributor IKA Undip, Jumat (28/10).

Pengurus DPD IKA Undip Jatim yang dilantik antara lain Hadi Pangestu (Ketua), Moh Kosim dan Dwi Rukma Santi (Wakil Ketua I dan II), Idit Setiawan dan Sukma Illahi Indah Sari (Sekretaris), Indri Novitaningtyas dan Nura Adi Saputra (Bendahara). Selain itu, pelantikan tersebut juga mengesahkan enam bidang beserta anggota yang menjabat.

Keenam bidang tersebut adalah Organisasi dan Hubungan Almamater yang dikoordinasikan oleh Syaiful Arief, Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan koordinator Ichwan Arifin, Pendidikan dan Pelatihan dengan koordinator Abdul Manan, Wirausaha dan Pengembangan IT dengan koordinator Syafi’ Uddin, Pengabdian Masyarakat dengan koordinator Kurniasih Aryawati, serta Advokasi dengan koordinator Henny Fitriyani.

Kosim berujar bahwa DPD IKA Undip Jatim ke depan akan berusaha lebih baik guna menciptakan soliditas seluruh alumni Undip yang tersebar di Jawa Timur. “Hampir sama seperti tahun-tahun kemarin, kami akan upayakan agar antaranggota semakin guyub dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” tutur alumnus Ilmu Kelautan angkatan 1996 ini. Tidak hanya itu, pihaknya mengonfirmasikan akan membentuk beberapa Dewan Pengurus Cabang (DPC) di Jawa Timur. Setidaknya terdapat empat DPC yang akan dibentuk di masa kepengurusannya, antara lain DPC Kabupaten Lumajang, DPC Kota Tuban, DPC Kota Bojonegoro, dan DPC Kota Madiun.

Bersamaan dengan Musda kali ini DPD IKA Undip Jatim juga mengadakan seminar nasional bertajuk “Peningkatan SDM Unggul untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.” Seminar nasional tersebut mengundang tiga narasumber, yakni Rektor Undip yang diwakili oleh Prof. Faisal (Wakil Rektor I Undip), Guntur Salim (Presiden Direktur PT Otsuka Distribution Indonesia) dan Abdul Rofiq Fanany (Direktur Utama Terminal Petikemas Surabaya). Pada acara seminar nasional, hadir pula Ramliyanto, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur sebagai keynote speaker. (azza)