Mengenal Seluk Beluk Beasiswa di Webinar KBRI Berlin dan LPDP

Patricia Ruth Berita UNDIP 10/05/2021

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin bekerja sama dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) mengadakan webinar tentang kuliah di Jerman, Sabtu (8/5). Acara yang dilaksanakan pukul 10.00 waktu Jerman atau 16.00 WIB ini, menghadirkan enam orang mahasiswa dari program sarjana, magister, serta doktor.

Acara ini dihadiri oleh Arief Havas Oegroseno, Duta Besar RI untuk Jerman dan Ratna Prabandari, Kepala Divisi LPDP. Havas dalam sambutannya mengungkapkan, pelaksanaan webinar ini menjadi langkah motivasi bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di Jerman. Saat ini jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Jerman mengalami penurunan bila dibandingkan dengan zaman BJ Habibie.

“Berkuliah di Jerman sangat menguntungkan, karena cost murah dan untuk pendidikan dibiayai pemerintah. Selain itu, Jerman memiliki keunggulan pada ilmu teknik, kedokteran, dan hukum, tapi tidak menutup ilmu lainnya memiliki kelebihan,” tutur Havas.  

Selanjutnya, Ratna menjelaskan bahwa LPDP merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Keuangan, yang mengatur dana pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi. Mulai tahun 2021 LPDP hanya mengatur beasiswa pada tingkatan magister dan doktor, sedangkan tingkat sarjana masuk ke ranah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ratna menyatakan tentang perlunya pemahaman bagi calon pendaftar beasiswa LPDP, agar dapat menentukan tujuan yang jelas sebelum mengikuti seleksi, untuk bagian akademis maupun seleksi profesional. Selain itu, perlu adanya pemahaman akan beasiswa inward dan outward.

“Bagi teman-teman yang ingin mendaftar perlu juga memahami saat ini banyak sekali beasiswa, ada inward yang berarti dari suatu negara dan memberi kesempatan berkuliah di negara itu, lalu beasiswa outward, seperti LPDP,” paparnya.

Ratna juga memaparkan tentang berbagai komponen yang menjadi kelebihan LPDP, dan apa saja persyaratan dari beasiswa reguler, beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia), beasiswa co-funding, beasiswa PNS/TNI/POLRI, beasiswa kewirausahaan, beasiswa daerah afirmasi, beasiswa difabel, dan beasiswa pra-sejahtera.

Mengenai universitas di Jerman yang menerima beasiswa LPDP, Ratna menyatakan,”Ada beberapa universitas yang bisa menjadi tujuan seperti University of Munich, University of Bremen, University of Cologne, TU Berlin, dan masih banyak lagi yang bisa diakses melalui web kami.”

Webinar ini juga diisi dengan tanya jawab bersama enam mahasiswa yang berkuliah di Jerman. Di akhir acara Havas mengingatkan agar para pejuang beasiswa mempersiapkan diri lebih baik, karena tidak ada perjuangan tanpa usaha. (patricia)