Halal Bihalal IKA Kapal Undip Wadah Jejaring Alumni

Azza Iffana Berita Alumni 07/06/2021

Ikatan Alumni Kapal Undip dan Yayasan Alumni Kapal Undip menggelar halal bihalal secara daring, Sabtu (5/6). Acara tersebut sebagai wadah untuk menjaring para alumni Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, acara ini diadakan dalam rangka membangun link usaha untuk antaralumni dapat saling bersinergi. 

Hal itu disampaikan oleh Muhammad Ari Wicaksono, Ketua DPP IKA Kapal Undip ketika diwawancara oleh tim kontributor website IKA Undip, Minggu (6/6). Acaranya daring karena lama gak ketemu jadi dibuat silaturahmi dan halal bihalal. Meski pandemi tapi silaturahminya jangan terputus lah, informasi tetap lancar. Sekaligus IKA Kapal diminta alumni untuk bisa mewadahi jejaring dan bersinergi untuk membangun link usaha, ujar Ari, alumnus Teknik Perkapalan Undip angkatan 1981. 

Acara yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB tersebut dihadiri lebih dari 100 peserta, baik yang tersebar di Indonesia maupun yang berada di luar negeri. Alumni yang hadir itu dari angkatan 1976 sampai 2017 itu tersebar. Ada yang di Papua, Kalimantan, ada juga yang dari Dubai dan Qatar karena bekerja di sana, ungkapnya.

Selain mengobrol santai, acara halal bihalal IKA Kapal Undip juga diisi dengan sosialisasi mengenai kegiatan orgasisasi serta Yayasan Alumni Kapal Undip. Yayasan Alumni Kapal Undip yang sudah berdiri sejak tahun 2009 berfungsi sebagai penyalur kegiatan sosial khusus bagi alumni Teknik Perkapalan. 

Jadi awalnya berdirinya yayasan itu ketika kita alumni sudah banyak, ada yang meninggal ada yang sakit gak ada yang care, dengan adanya yayasan itu kita bisa mengumpulkan dana iuran sedikit demi sedikit, jadi ketika ada yang sakit dari alumni dan keluarganya bisa memberikan bantuan lah, jelas Ari.

Ari menuturkan, Yayasan Alumni Kapal Undip merupakan yayasan yang didirikan dari alumni dan untuk alumni. Dana yang dihimpun berasal dari pelatihan seperti kursus yang ditujukan untuk mahasiswa. Keuntungan dari pelatihan-pelatihan tersebut masuk sebagai uang kas yang akan dipergunakan bagi para anggota IKA Kapal Undip.

Acara halal bihalal tersebut semakin meriah karena disediakan doorprize dengan banyak hadiah menarik, seperti kaus, baju gamis, kerudung, topi, jaket, tas handcraft, dan paket makanan. Pembagian doorprize sekaligus sebagai sarana promosi bagi para alumni Teknik Perkapalan yang kini menekuni bidang bisnis.