DPD IKA Undip DKI Jakarta Galang Donasi Gempa Cianjur di Kitabisa.com

Azza Ifana Berita Alumni 30/11/2022

Sudah lebih dari satu minggu sejak gempa berskala 5.6 magnitudo meluluhlantakkan Cianjur. Dilansir dari kompas.com, jumlah total korban meninggal menjadi 321 orang pada Senin (28/11). Kondisi Kabupaten Cianjur yang memprihatinkan paska musibah tersebut, membuat DPD IKA Undip DKI Jakarta turut membuka aksi donasi.

Hingga hari ini, DPD IKA Undip DKI Jakarta masih membuka donasi melalui dua cara. Pertama, transfer ke rekening Bank Mandiri Taspen 2104105285384 a.n. DPD IKA UNDIP DKI. Kedua, melalui kitabisa.com di link https://kitabisa.com/campaign/ikaundipjakarta
bantucianjur?utm_source=socialsharing_donor_web_null&utm_medium=share_campaign_copas&utm_campaign=share_detail_campaign .

Menurut Koeshartanto, alumnus Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip angkatan 1980, penggalangan dana melalui kitabisa.com dipilih untuk dapat menjangkau donatur di seluruh Indonesia. Terlebih, platform tersebut memiliki beragam cara pembayaran yang tentunya dapat memudahkan calon donatur yang ingin berdonasi.

“Kelebihan dari kitabisa.com ini kan platform yang bisa diakses di mana-mana, mudah juga untuk diviralkan. Bagi sebagian alumni kita yang mungkin relatif muda-muda itu juga lebih prefer ke platform digital seperti kitabisa.com ini,” jelasnya ketika dihubungi tim kontributor website IKA Undip, Minggu (27/11).

DPD IKA Undip DKI Jakarta menargetkan dapat mengumpulkan donasi hingga 300 juta rupiah. Donasi yang terkumpul baik melalui platform kitabisa.com maupun rekening akan digabung kemudian diserahkan kepada DPD IKA Undip Jawa Barat yang akan terjun langsung ke lokasi bencana.

Koeshartanto berujar bahwa nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk berbelanja berbagai keperluan yang dibutuhkan  para korban. Tentu DPD IKA Undip DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengetahui barang-barang apa saja yang benar-benar diperlukan.

“Kami akan berkoordinasi dengan BNPB karena mereka yang lebih tahu kebutuhan mendesaknya apa, sehingga nanti donasi yang tersalurkan akan tepat sasaran,” ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada beberapa relawan dan tim medis dari anggota DPD IKA Undip DKI Jakarta yang terjun langsung ke lapangan, seperti Mas Goris dan Mbak Iwel yang merupakan dokter. (azza)